Tulisan Pertama di Blog

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Ini tulisan pertama di Blog. Sebetulnya udah 1 tahun lebih pak Budi, pak Andika, pak Maman, dsb minta menulis (mendokumentasikan) setiap yang dikerjain. Tapi baru sekarang berhasil menulis, itupun di blog. Maklum, masih berpikir oprek (ngulik), bisa & berhasil jalan. Ternyata, dokumentasi itu penting. Jadi bisa merunut & mengetahui seandainya ada masalah (error misalnya).

Awalnya dari Install GNU/Linux Simply Mepis kernel 2.6.7 di notebook Acer TravelMate 4002 NLMi. Semua berfungsi (kayaknya) kecuali Wi-Fi. Dulu sih cuek, biarin aja deh yang penting ethernet jalan, jadi bisa connect ke internet. Terus sering update & upgrade packet. Kernel 2.6.9 muncul, cobain deh compile & upgrade kernel. 9 kali gagal (kernel panic), 1 kali berhasil. Meskipun berkali-kali tanya pak Maman. Tapi tetep, Wi-Fi belum berfungsi. Coba tanya-tanya ke pak Budi, pak Andika & pak Maman. Searching di google, ketemu deh contoh kasus yang sama & berhasil jalan Wi-Fi nya.

Ternyata, gak ada driver Wi-Fi yang cocok di kernel 2.6.9. Pak Andika menyarankan pake ndiswrapper. Dicoba, hasilnya? Berhasil dikit. Lampu Wi-Fi nyala, tapi Wi-Fi nya gak bisa connect ke internet. Pak Andika ngasih link di sourceforge. Dicobain compile. Hasilnya? Berhasil (alhamdulillah). Nah, pak Andika minta ditulis (didokumentasikan) langkah-langkahnya sampai bisa jalan Wi-Fi nya. Waduh, dulu tuh males mau nulis itu. Mana sedikit lupa langkah-langkahnya. Beberapa hari yang lalu, update & upgrade packet. Sebelumnya ke komo, tapi pas harddisk komo crash, pindah ke kambing. Source listnya pake:

deb http://kambing.vlsm.org/debian/ experimental main contrib non-free
deb http://kambing.vlsm.org/debian/ sid main contrib non-free
deb http://kambing.vlsm.org/debian/ testing main contrib non-free
deb http://2004.mepis.org/mepis testing main
deb ftp://ftp.nerim.net/debian-marillat/ unstable main

Terus upgrade kernel ke 2.6.12. Wadaw, baru nyadar Wi-Fi nya gak jalan lagi. Oprek sana-sini, cobain langkah-langkah yang dulu, dsb. Masih gak jalan. Baru deh nyadar, kalo dokumentasi itu penting. Pas Wi-Fi nya berhasil jalan, baru deh ditulis urutannya sampe jalan. He he.

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

5 thoughts on “Tulisan Pertama di Blog

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s