E: Sub-process /usr/bin/dpkg return an error code (1)

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Udah lama gak update blog ini. Error ini muncul udah lama. Intinya sih karena rubah sources.list, update & dist-upgrade, font jadi ngaco & terakhir … KDE gak jalan. He he. Tapi sekarang udah ok lagi. Kurang lebih kayak gini lah:

1. Rubah sources.list kembali ke semula.
:~# vim /etc/apt/sources.list
deb http://mirrors.kernel.org/debian/ sid main
deb-src http://mirrors.kernel.org/debian/ sid main

2. :~# apt-get update && apt-get dist-upgrade -f
Soalnya kalo gak pake option -f, gak bisa terus.

3. Nah disini muncul error. Gak beres-beres dist-upgrade-nya.
dpkg: error processing /var/cache/apt/archives/x11-common_1%3a7.1.0-15_i386.deb (–unpack):
trying to overwrite ‘/usr/X11R6/bin’, which also in package nessusclient
Errors were encountered while processing:
/var/cache/apt/archives/x11-common_1%3a7.1.0-15_i386.deb
E: Sub-process /usr/bin/dpkg return an error code (1)

4. Pas kebetulan tanya ke pak Andika, terus dijelasin. Dicoba & berhasil.
:~# dpkg -i –force overwrite /var/cache/apt/archives/x11-common_1%3a7.1.0-15_i386.deb

5. Lanjutin lagi.
:~# apt-get dist-upgrade -f

6. KDE & font yang rusak, ok lagi. Gak bisa login langsung root. Ya bisa liat posting sebelumnya di blog ini. Masih banyak yang belum dicek. Nanti aja lah.
:~# apt-get update && apt-get upgrade

Beres.

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

2 thoughts on “E: Sub-process /usr/bin/dpkg return an error code (1)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s